Thursday, June 13, 2024
HomePlaynGoStarlink Diluncurkan di Indonesia

Starlink Diluncurkan di Indonesia

Starlink Diluncurkan di Indonesia oleh Elon Musk dan Presiden Jokowi

Bali, 19 Mei 2024 – Layanan internet satelit Starlink yang dioperasikan oleh SpaceX, perusahaan milik Elon Musk, secara resmi diluncurkan di Indonesia. Acara peluncuran ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo bersama Elon Musk pada tanggal 19 Mei 2024 di sela-sela perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali​

Starlink bertujuan untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi terutama di daerah-daerah terpencil di Indonesia yang sulit dijangkau oleh penyedia layanan internet konvensional. Layanan ini menggunakan konstelasi satelit di orbit rendah Bumi untuk menjangkau area yang selama ini kurang terlayani, yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan digital di negara kepulauan ini​

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa peluncuran Starlink ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan konektivitas digital di Indonesia. Ia juga memastikan bahwa persiapan untuk acara WWF dan peluncuran Starlink telah berjalan dengan baik​.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menambahkan bahwa kehadiran Starlink di Indonesia akan melengkapi, bukan bersaing dengan, penyedia layanan internet lokal. Tujuannya adalah untuk mempercepat kecepatan internet dan mencapai distribusi yang lebih merata, terutama di daerah-daerah yang sulit dihubungkan karena tantangan geografis​.

Selain peluncuran Starlink, WWF 2024 juga akan menjadi ajang peresmian beberapa proyek penting lainnya, termasuk pusat penelitian mangrove internasional hasil kerjasama antara Indonesia dan Uni Emirat Arab​​. Acara ini dihadiri oleh hampir 9.500 delegasi internasional dari 104 negara, menandai komitmen Indonesia dalam isu-isu air global dan pembangunan berkelanjutan​.

Baca Juga Keunggulan Daihatsu Terios

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments